Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Karyawan di Hotel Bintang Tiga
Daftar Isi:
- Kreativitas dapat diartikan sebagai ide baru, yang berguna untuk produk, layanan, proses atau prosedur yang dikembangkan oleh karyawan dalam sistem sosial, yang akan mereka kolaborasi dengan orang lain. Kreativitas karyawan hotel sangat diperlukan untuk menciptakan ide baru dan membuat strategi untuk mengembangkan bisnis hotel. Tingkat kreativitas juga merupakan kunci utama untuk mempertahankan keberadaan sebuah hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kreativitas karyawan hotel di hotel bintang tiga di Batam. Bagaimana hotel memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan sumber daya manusia dan karyawan yang mempunyai kepemimpinan dan jiwa yang baik untuk berbagi pengetahuan. Seorang karyawan kreatif yang selalu ingin berinovasi. Penelitian ini menggunakan 93 responden yang memiliki analisis dari 11 hotel bintang tiga di Batam. Penelitian ini tidak menggunakan seluruh karyawan di hotel karena peneliti hanya ingin menyelidiki departemen hotel yang perlu menggunakan kreativitas tinggi. Data akan diuji oleh aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat untuk berbagi pengetahuan yang berpengaruh signifikan dengan kreativitas karyawan melalui pertukaran leader-member sebagai mediasi di hotel bintang tiga. Nilai penelitian ini untuk mengeksplorasi model mediasi pertukaran pemimpin-anggota dengan kreativitas karyawan di hotel bintang tiga Batam. ********************************************************************** Creativity can be meant as the new idea, that is useful for product, service, process or procedure developed by the employee in a social system, which they will collaborate with others. Creativities of the hotel employee are very necessary to create a new idea and make a strategy to develop the hotel business. The level of creativity is also the main key to defend the existence of a hotel. The research is aimed to find out the factor that influences the creativity of the hotel employee in a three-star hotel in Batam. How the hotel gives the best service to the customer with the human resources and employee that have good leadership and soul to share the knowledge. A creative employee that always want to innovate. This research uses 93 respondent had analysis from 11 three-star hotel in Batam. This research doesn’t use the whole employee in the hotel because the researcher only wants to investigate the department of the hotel that need to use the high creativity. The data will be tested by the SmartPLS application. The result of the research shows that intention to share the knowledge that influences significantly with the employee creativity through the leader-member exchange as mediation at a three-star hotel. The value of this study to explore mediation model leader-member exchange to employee creativity at three-star hotel Batam.