Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara jenis kelamin, usia, karakteristik dosen akuntansi, kebiasaan belajar, sikap terhadap akuntansi, amotivation, motivasi dari luar, dan motivasi dari dalam terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi yang terdaftar pada universitas yang ada di Batam. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana menggunakan rumus Slovin. Total responden yaitu 481 mahasiswa dari 4 universitas yang ada di Batam. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan pembagian kuesioner. Kuesioner yang digunakan berasal dari penelitian Okoh (2010), Kusurkar et al. (2012), Mohaiyadin dan Hamid (2014), dan Tan (2014) berjumlah 58 pertanyaan. Hipotesis yang akan diuji adalah beberapa variabel independen berpengaruh signifikan positif dan beberapa berpengaruh signifikan negatif dalam memprediksi prestasi akademik mahasiswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa jenis kelamin dan sikap terhadap akuntansi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan akuntansi. Amotivation dan motivasi dari luar memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan akuntansi. Usia, karakteristik dosen akuntansi, kebiasaan belajar, dan motivasi dari dalam tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan akuntansi.