Pengaruh Penggunaan Media Slide Power Point dengan Strategi Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA N 9 Padang
Main Author: | Doria, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9997/1/09010125%20DORIA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9997/2/ABSTRAK%20-%202020-09-22T134912.396.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9997/3/BAB%20V%20-%202020-09-22T134947.970.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9997/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-09-22T135008.117.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar biologi siswa yang disebabkan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena siswa hanya disuruh membuat catatan dan mengerjakan LKS. Penggunaan media dalam pembelajaran masih kurang, karena guru biasa menggunakan media charta dan papan tulis sehingga banyak siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran atau belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Slide Power Point Dengan Strategi Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group-Posttest Only Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 9 Padang kelas XI semester I tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 di SMA N 9 Padang yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah testertulis dalam bentuk objektif. Hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) diperoleh thitung = 5,20 dan ttabel = 1,67. thitung>ttabel maka hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari pada kelas kontrol, berarti hipotesis diterima (H1). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunakan media slide power point dengan strategi guided Note taking terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 9 Padang.