Daftar Isi:
  • Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari istilah belajar, karena pada dasarnya belajar merupakan bagian dari suatu kegiatan yang pokok atau utama dalam dunia pendidikan. Kebiasaan belajar yang baik itu akan membawa dampak atau hasil yang positif bagi para siswa, seperti pembuatan jadwal kegiatan oleh siswa yang dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan sendiri oleh siswa. Adanya jadwal kegiatan tersebut, siswa harus bisa membagi waktu belajarnya agar dapat mengulang pelajaran sehingga tidak mudah lupa dan sebagai persiapan untuk sekolah esok harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sutera yang terdiri dari 10 kelas tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel diambil dari masing-masing kelas dengan cara proportional random sampling, sehingga sampel penelitian sebanyak 87 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk memperoleh data partisipasi orang tua serta dokumentasi hasil belajar siswa yang didapat dari guru bidang studi IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa harga thitung 5,64 sedangkan ttabel 1,980. Ini berarti thitung > ttabel, yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelasVII SMP Negeri 1 Sutera Tahun Pelajaran 2015/2016, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa makin baik partisipasi orang tua, maka makin tinggi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri1 Sutera Tahun Pelajaran 2015/2016.