Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam bertanya serta kurang dalam menemukan konsep dan mencari informasi sendiri dari materi yang diberikan. Keadaan demikian menyebabkan siswa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar siswa aktif dan termotivasi dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMPN 17 Padang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII3 dan VII2. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 76,24 dan kelas kontrol adalah 68,27. Hasil belajar ranah afektif pada kelas eksperimen tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata sikap 81,16 dan pada kelas kontrol tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata sikap 80,9. Hasil belajar siswa ranah psikomotor pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 67,69 dengan nilai kategori cukup (C) dan kelas kontrol nilai rata-rata 70,87 dengan nilai kategori cukup (C). Uji normalitas pada masing-masing kelas didapat Lo < Lt maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan Fh < Ft dimana Fh=0,96 dan Ft=1,69 yang berarti data homogen. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa > dimana =4,40 dan =1,66 maka hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 17 Padang.