Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Gelugur
Main Author: | Anisa, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9980/1/11010220%20ANISA%20RAHMI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9980/2/ABSTRAK%20-%202020-09-22T112756.870.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9980/3/BAB%20V%20-%202020-09-22T112834.154.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9980/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-09-22T112856.975.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9980/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur pada materi virus dan dalam proses pembelajaran cendrung terpusat pada guru serta kurangnya aktivitas siswa sewaktu mengikuti pelajaran biologi di kelas dengan kata lain partisipasi aktif siswa belum oktimal. Salah satu strategi yang dapat meningkat hasil belajar siswa adalah dengan strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur setelah diterapkan strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,15 dan kelas kontrol 72,15. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didaptkan harga thitung (2,03) sedangkan ttabel (1,67). Hal ini menunjukkan thitung >ttabel ini berarti hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajarn aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.