Keterampilan Merevisi Kekurangan Teks Laporan Hasil Obsrvasi dengan Menggunakan Teknik Diskusi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Dwiyara, Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9975/1/10080127%20DWIYARA%20KUSUMA_compressed.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9975/2/ABSTRAK%20%2819%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9975/3/BAB%20V%20%2816%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9975/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%284%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9975/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, masih ada siswa yang belum paham tentang konsep merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan benar karena ini merupakan pembelajaran baru dalam kurikulum 2013. Kedua, masih ada siswa yang belum memahami penulisan kata berimbuhan dengan benar. Ketiga, masih ada siswa yang belum memahami konjungsi yang digunakan dalam merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan benar. Keempat, kurangnya variasi teknik pembelajaran saat proses pembelajaran. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2014 - 2015. Sampel penelitian ini berjumlah 26 orang dengan teknik purposive sampling. Data penelitian adalah berupa hasil keterampilan merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik diskusi berdasarkan dua indikator yaitu penulisan kata berimbuhan dan konjungsi. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa, Pertama, keterampilan merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan teknik diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan untuk kedua indikator tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 80 yang terdapat pada rentangan 76 - 85%. Kedua, keterampilan merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan teknik diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan indikator penulisan kata berimbuhan tergolong sangat baik (SB) dengan nilai rata-rata 89 yang berada pada rentangan 86 – 95%. Ketiga, keterampilan merevisi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan teknik diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan indikator konjungsi tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan nilai rata-rata 73 yang berada pada rentangan 66 – 75%.