Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Painan

Main Author: Mardiah, Turrahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/997/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/997/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/997/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/997/4/13050093%20MARDIAH%20TURAHMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/997/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih banyak yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Painan yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabelitas tes r11 = 0,97. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t satu pihak. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh hasil uji hipotesis penelitian thitung = 1,745 dan ttabel= 1,682, karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu hasil belajar matetmatika dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 2 Painan.