Daftar Isi:
  • Penguatan adalah respon yang diberikan oleh guru kepada muridnya ketika murid berinteraksi dengan gurunya didalam kelas seperti seorang murid menjawab pertanyan guru dan guru merespon jawaban murid tersebut. Tujuan guru menggunakan penguatan untuk membuat interaksi antara murid dan guru menarik dan hangat didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penguatan yang digunakan oleh guru ketika berinteraksi dengan muridnya di dalam mengajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti manganalisa jenis penguatan berdasarkan teori Mangal and Uma. Ada dua jenis penguatan pada interaksi guru dan murid ketika mengajar bahasa Inggris yaitu: positive reinforcement and negative reinforcement. Penguatan positif dan negative mempunyai dua kategori yaitu: verbal and nonverbal. Peneliti juga ingin mengetahui apa jenis penguatan yang lebih sering digunakan oleh guru ketika mengajar bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Respondent pada penelitian ini adalah lima orang guru bahasa Inggris yang menggunakan reinforcement di SMA 9 Pasar Baru. Dalam pengambilan data, peneliti melakukan observasi dengan cara merekam penguatan yang digunakan guru ketika mengajar bahasa Inggris di kelas. Kemudian, peneliti juga membagikan angket pada lima respondent tersebut. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan observasi dan juga membagikan angket ditemukan bahwa kelima respondent tersebut sering menggunakan positive reinforcement like verbal and non verbal dan jarang menggunakan negative reinforcement like verbal and nonverbal.