Teaching Writing Descriptive Text By Combining Flower With Sentence Variety Strategies At Junior High School
Main Author: | Yesi, Nofita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9955/1/10040119%20YESI%20NOFITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9955/2/ABSTRAK%20-%202020-07-08T084413.652.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9955/3/CHAPTER%20IV%20%2879%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9955/4/REFERENCES%20-%202020-07-08T084548.774.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9955/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa dalam pengajaran menulis (writing) pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masalah yang dihadapi oleh siswa SMP diantaranya adalah siswa sulit membuat teks dengan baik karena mereka sulit menemukan ide ketika menulis. Kemudian, ide yang mereka tulis tidak tersusun dengan baik. Dan juga mereka kesulitan dalam membuat teks pendek atau teks panjang. Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya descriptive text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa dalam menulis yaitu strategi Flower Writing dengan Sentence Variaty Strategy. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya. Di mulai dengan siswa memilih topik yang menarik dan sesuai yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah teks dan memperkenalkan komponen dari flower strategy kepada siswa. setelah itu siswa menganalisis struktur masalah yang ada dalam teks seperti ide pokok dan ide pendukung. Sebelum menyusun kalimat, guru memberikan sepotong teks sebagai model agar siswa dapat memberikan variasi di dalam teks tersebut. Siswa menggali informasi yang berkaitan dengan topik dan menyusunnya dalam diagram bunga, lalu menambahkan variasi di dalam kalimat. Akhirnya, siswa menulis karangan pendek atau panjang dengan menggunakan langkah-langkah strategy yang telah disediakan. Adapun kelebihan penggabungan dua strategi ini adalah siswa memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan sebuah gambar dan juga mampuan menulis kalimat pendek atau panjang secara individual berdasarkan langkah-langkah yang jelas dan dibantu dengan diagram yang menarik dalam menulis sebuah teks yang benar.