Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Nana Sabaris Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Yuliani, Yuliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/995/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/995/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/995/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/995/4/13050091%20YULIYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/995/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris di sebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa kurang mau berbagi pengetahuan dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Tipe Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reliabelitas tes = 0,64. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2,14 dan ttabel = 1,67 dengan α = 0,05, sehingga hipotesis penelitian diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Tipe Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.