The Effect Of Using Socratic Seminar Strategy Toward Students’ Reading Comprehensionat Junior High School Students (A Study At Ninth Grade Students Of Smp N 2luhak Nan Duo Pasaman Barat)

Main Author: Wiwit, Mailisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9949/1/10040074%20WIWIT%20MAILISA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9949/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T154110.427.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9949/3/CHAPTER%20V%20-%202020-07-07T154139.998.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9949/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T154204.732.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9949/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari startegi Socratic Seminar dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas biasa atau kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan Strategy Socratic Seminar dan kelas control tanpa menggunakan Teknik PPP (Presentation, Practice, and Performance). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas tiga SMPN 2 LND Pasaman Barat tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 161 orang yang terdiri dari 7 kelas yaitu IX1, IX2, IX3, IX4, and IX5, IX6, IX7, Pada penelitian ini, peneliti memilih berdasarkan score dari reading tasks siswa. Kelas sample ditentukan dengan Lilifors formula dan barlett formula. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah IX2, dan kelas IX4 sebagai kelas control. Instrument penelitian ini adalah tes menulis berbentuk narrative text dan report text. Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam 2 bentuk; narrative test dan report test. Berdasarkan hasil analisis tes, didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperiment 28,39 dan standar deviasi 3,73. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 19,04 dan standar deviasi 4,53. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t-table, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 7,72 lebih besar dari t-table 2,021, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa Strategy Socratic Seminar dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam reading (membaca) pada siswa kelas dua SMPN 2 Luhak Nan Duo Pasaman Barat.