Teaching Speaking By Combining Factstorming And Circle Time Strategies Atgrade Eight Of Junior High School
Main Author: | Winda, Ratna Hasnovia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9947/1/10040246%20WINDA%20RATNA%20HASNOVIA.PDF http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9947/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T153756.278.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9947/3/CHAPTER%20IV%20%2875%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9947/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T153907.903.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9947/ |
Daftar Isi:
- Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahann yang ada dalam pengajaran Speaking di sekolah menengah Pertama(SMP). Selain itu makalah ini juga di maksudkan sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam mengajar Speaking sehingga siswa tertarik dan lebih termotivasi karena Speaking bertujuan untuk mentransfer pesan dari pemahaman seseorang melalui berbicara atau berbahasa. Dengan menggunakan Speaking orang mampu mengeskpresikan perasaan mereka, pendapat, ide dan lainnya. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan Speaking mengunakan dua strategi yaitu Factstorming dan CircleTime. Factstorming merupakan membelajaran dengan guru memberikan topic/penomena yang telah terjadi di masyarakat dengan menggunakan gambar yang terkait dengan peristiwa yang terjadi.Setelah itu siswa di berikan waktu untuk berpikir dan kemudian menyebutkan apa-apa saja yang mereka ketahui tentang gambar tersebut.Siswa yang awalnya hanya memperhatikan teman nya yang menyebutkan peristiwa yang diketahui kemudian berusaha untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Strategi ini sangat efektif untuk membantu siswa memberanikan diri berbicara di kelas, didepan umum,dan antar siswa sendiri, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai pendapat berbeda-beda tentang suatu peristiwa. Cricle timemerupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh guru, karena dengan keterampilan ini guru dapat menciptakan, memelihara, dan mengembalikan kondisi belajar yang optimal supaya tercipta proses belajar-mengajar yang efektif. Dengan menggunakan strategi ini diharapkan dapat mempermudah guru dalam mengelola kelas bahasa inggris dan meningkatkan motivasi, keingginan, serta ketertarikan siswa dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Tujuan dari penggambungan dua strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru-guru dalam pengajaran Speaking. Serta dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada tingkat menengah pertama Kata kunci: Factstorming and Cricle Time strategies, speaking