An Analysis Of Extrovert And Introvert Students In Their Speaking Achievement (A Study At The First Year Students Of English Department Of Stkip Pgri West Sumatera)
Main Author: | Widia, Siska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9944/2/10040214%20WIDIA%20SISKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9944/1/ABSTRAK%20-%202020-07-07T153254.412.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9944/3/CHAPTER%20V%20-%202020-07-07T153330.521.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9944/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T153357.310.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9944/ |
Daftar Isi:
- Kepribadian merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalam tingkah laku siswa dalam belajar. Tingkah laku ini menjadi salah satu hal yang penting dalam proses belajar mengajar. Ada dua tipe kepribadian siswa yang berpengaruh terhadap tingkah laku siswa dalam belajar, yaitu kepribadian terbuka dan terturup. Siswa yang berkepribadian terbuka memiliki sifat ramah, memiliki banyak teman, suka berbicara dan mereka juga cenderung suka bekerja sama dengan teman sekelas. Sedangkan siswa yang berkepribadian tertutup memiliki sifat pendiam, pemalu dan juga cenderung penyendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana nilai speaking siswa yang berkepribadian terbuka dan tertutup. Sample dari penelitian ini adalah 36 siswa semester pertama Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 18 siswa yang berkepribadian terbuka dan 18 siswa yang berkepribadian tertutup yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 jenis instrumet penelitian. Pertama adalah tes kepribadian. Tes kepribadian bertujuan untuk menemukan tipe kepribadian siswa antara terbuka dan tertutup. Kedua adalah tes speaking dimana bertujuan untuk menemukan nilai speaking siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa yang berkepribadian terbuka memperoleh nilai speaking cukup (60, 88) dan siswa yang berkepribadian tertutup memperoleh nilai speaking kurang (49,55).