Teaching Writing By Combining Power (Plan, Organize, Write, Edit, Revise) And T-Chart Strategy At Senior High School
Main Author: | Weweng, Yuliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9943/1/10040101%20WEWENG%20YULIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9943/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T143825.185.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9943/3/CHAPTER%20IV%20%2873%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9943/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T143914.604.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9943/ |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan sebuah skill yang kompleks dan dianggap sulit oleh sebagian siswa dibandingkan mendengarkan, membaca dan berbicara. Hal ini disebabkan karena para siswa mempunyai kesulitan dalam menuangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, guru harus tahu bagaimana cara membuat siswa tertarik untuk menulis dan menemukan strategi yang sesuai dengan masalah yang dialami oleh para siswa, sehingga mereka senang dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan mampu menghasilkan tulisan yang bagus dan mudah dipahami. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan menulis dengan menggunakan penggabungan dua strategi yaitu POWER (Plan, Organize, Write, Edit, Revise) strategi dan T-Chart strategi. POWER strategi adalah sebuah strategi yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam belajar menulis dengan proses yang mudah dipahami, seperti meminta siswa untuk merencanakan topik yang akan dibahas, menentukan ide dan informasi yang sesuai dengan topik, lalu siswa diminta untuk menuliskan topik dan ide tersebut sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya dan kemudian mereka harus mengedit tulisan mereka dengan bantuan guru. Setelah itu, siswa diminta menuliskan kembali dengan essai yang benar. Disamping itu, T-Chart strategi adalah strategi yang menggunakan langkah-langkah sederhana, mudah dan menarik untuk membantu siswa dalam belajar menulis karena strategi ini dapat digunakan untuk membandingkan dan memisahkan dua ide berbeda tentang sebuah topik yang akan dibahas dalam kolom yang ada pada T-Chart, sehingga siswa mudah untuk mengolah ide-ide tersebut menjadi sebuah essai tentunya dengan bimbingan guru. Dengan mengkombinasikan POWER strategi dan T-Chart Writing strategi diharapkan bisa membantu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan mempelajari maupun memahami konsep menulis.