Daftar Isi:
  • Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan writing melalui gabungan dua strategi yaitu Literacy Memoirs dan Literacy charts. Dalam aplikasinya pertama guru menerapkan Literacy Memoirs strategy. Strategy ini dimulai oleh guru dengan mengajarkan siswa untuk mengembangkan latar belakang pengetahuan siswa masing-masing dan memberikan langkah- langkah untuk membuat sebuah teks narrative yang benar. Langkah-langkah tersebut adalah, siswa memilih topic yang tepat untuk mereka tulis, siswa mmemulai menulis dengan menggunakan draft pertama, setelah itu draft kedua dan terakhir siswa mempublikasikannya menjadi sebuah artikel. Strategy ini sangat efektif untuk siswa dalam meningkatkan kemampuan menulisnya. Selain itu siswa juga menjadi aktif dan berpartisipasi dalam diskusi.Kemudian guru menggunakan strategy yang kedua yaitu Literacy Chart strategy dimana di didalam menulis teks narrative tersebut siswa diarahkan membuat bagan(chart) terhadap kerangka apa yang akan ditulisya.