Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persepsi siswa tentang penggunaan media dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri 6 padang, dari 1) persepsi siswa yang ditinjau dari tampilannya dan 2) persepsi siswa yang ditinjau dari penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang penggunaan media pembelajaran di SMA N 6 padang, teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yaitu digunakan analisis statistik berupa formula presentase. Populasinya adalah siswa kelas XI IPS. Sampel dalam kelas ini kelas XI IPS SMA N 6 Padang yang berjumlah 133 orang yang terdiri 4 lokal yang terdaftar pada tahun ajaran 2016-2017. Hasil penelitian ini meliputi 2 variabel, yaitu media berdasarkan tampilan dan penggunaannya. Media berdasarkan penggunaannya terbagi 3 yaitu, 1. Persepsi siswa tentang Tampilan media audio dalam pembelajaran , sebagian responden mengelompok pada kategori cukup baik dengan tingkat pencapaian sebesar 68,39%. 2. Persepsi siswa tentang Tampilan media audio visual dalam pembelajaran, sebagian responden mengelompok pada kategori cukup baik dengan tingkat pencapaian sebesar 64.47%. 3. Persepsi siswa tentang Tampilan media kinestetik dalam pembelajaran, sebagian responden mengelompokkan pada kategori cukup baik.dengan tingkat pencapaian sebesar 67.31%. Sedangkan Media berdasarkan Pengunaan nya terbagi 2 yaitu,1.Persepsi siswa tentang penggunaan media proyeksi dalam pembelajaran,sebagian responden mengelompokkan pada kategori cukup baik.tingkat pencapaiannya sebesar 63.52%.2.Persepsi siswa tentang penggunaan media non proyeksi dalam pembelajaran,sebagian responden mengelompokkan pada kategori cukup baik,tingkat pencapaiannya sebesar 65.37%