Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa dalam pengajaran menulis (writing) pada tingkat sekolah menengah Atas (SMA). Masalah yang dihadapi siswa SMA diantaranya adalah siswa sulit membuat teks dengan baik karena mereka sulit menemukan ide ketika menulis. Kemudian, ide yang mereka tulis tidak tersusun dengan baik. Dan juga mereka kesulitan dalam pembuat teks pendek atau teks panjang. Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya descriptive text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa menulis yaitu strategi Quick Write dengan Author’s Chair Strategy. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya. Di mulai dengan guru mendiskusikan dengan siswa bahwa tujuan dari Quick Write adalah untuk membantu mereka dalam menemukan ide-ide untuk menulis dan mengexplor kemampuannya dalam menulis berdasarkan topik. setelah itu siswa menganalisis struktur masalah yang ada dalam teks. Sebelum menyusun kalimat, guru memberikan sepotong teks sebagai model agar siswa dapat memberikan variasi di dalam teks tersebut. Siswa menggali informasi yang berkaitan dengan topik dan menyusunnya dalam diagram, lalu menambahkan variasi di dalam kalimat. Akhirnya siswa menulis karangan pendek atau panjang dengan menggunakan langkah-langkah strategy yang telah disediakan. Adapun kelebihan penggabungan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan menulis kalimat pendek atau panjang secara individual berdasarkan langkah-langkah yang jelas dan dibantu dengan diagram yang menarik dalam menulis sebuah teks yang benar.