Daftar Isi:
  • Makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa dalam pengajaran menulis (writing) pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masalah yang dihadapi siswa SMP diantaranya adalah siswa sulit menemukan ide-ide yang harus mereka sampaikan secara tertulis. Siswa sulit dalam menemukan kata-kata yang tepat untuk mengembangkan tulisan mereka. Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya descriptive text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa dalam menulis yaitu strategi Quick Write dengan Language Shaping Paradigm. Melalui strategi ini siswa mampu menerka topik yang akan di diskusikan yang di bimbing oleh guru melalui gambar. Kemudian, guru mengumpulkan pendapat dari respon siswa, dimana siswa diminta untuk membuat kalimat mereka sendiri. Setelah itu, siswa diminta untuk memperbaiki atau merevisi tulisan mereka dengan didampingi oleh guru. Dan dari kalimat tersebut, siswa mampu untuk memahami apa yang mereka tulis. Dengan demikian, siswa jadi tahu dimana kesalahan mereka dalam menulis sebuah kalimat dan mereka jadi lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris terutama dalam pengajaran menulis.