The Correlation Between Students’ English Learning Interest And Students’ Listening Achievement (A Study At Ninth Grade Of Junior High School 4 Gunung Talang Kabupaten Solok 2014/2015 Academic Year)
Main Author: | Tuti, Susanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9935/1/10040284%20TUTI%20SUSANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9935/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T133849.916.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9935/3/CHAPTER%20V%20%28100%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9935/4/REFERENCESS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9935/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak korelasi antara minat belajar bahasa Inggris siswa dengan prestasi mendengar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMP N 4 Gunung Talang Kabupaten Solok yang berjumlah 150 orang dan terbagi ke dalam 5 kelas. Dalam menentukan sample, peneliti menggunakan simple random sampling teknik sehingga diperoleh sample berjumlah 45 orang. Data tentang minat belajar bahasa Inggris siswa diperoleh melalui angket dan data tentang prestasi mendengar siswa dipeoleh melalui nilai listening siswa yang di dapat dari guru bahasa Inggris. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh r-hitung sebesar 0,518. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r-tabel dengan df = 43 taraf signifikansi 5% adalah 0,301 (0,518 > 0,30), berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel. Sedangkan pada taraf 1% diperoleh r-table 0,389 (0,518 > 0,389), maka r-table kecil dari r-hitung. Dengan demikian dapat diketahui H1 diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan ini bearti menunjukkan terdapat korelasi antara minat belajar bahasa Inggris dengan prestasi mendengar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar bahasa Inggris memiliki pengaruh terhadap prestasi mendengar siswa pada bidang studi pendidikan bahasa Inggris di SMP N 4 Gunung Talang. Sehingga, diharapkan guru dapat membantu dan mendukung siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan minat belajar bahasa Inggris mereka.