An Analysis Of Students’ Phatic Communion In Classroom Interaction (A Study At First Grade Academic Year 2014/2015 In English Department Of Stkip Pgri Sumatera Barat)
Main Author: | Tri, Kolipah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9932/1/10040002%20TRI%20KOLIPAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9932/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T112037.019.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9932/3/CHAPTER%20V%20%2899%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9932/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T112211.868.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe basa-basi yang digunakan siswa selama melakukan interaksi didalam kelas. Dalam penelitian ini, peneliti manganalisa tipe basa-basi siswa selama melakukan interaksi didalam kelas berdasarkan teori Taraglu dan Sifianov, Cruz, dan Al-Qinai. Ada lima tipe basa-basi yang dapat digunakan siswa didalam kelas yaitu: greeting, honorific, question answer, comment, dan remark. Peneliti juga ingin mengetahui alasan mengapa siswa menggunakan ungkapan basa-basi di dalam kelas selama melakukan interaksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Partisipan pada penelitian ini adalah seluruh kelas yang ada pada tahun pertama jurusan bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat. Partisipan pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam pengambilan data, peneliti melakukan observasi ketika proses belajar mengajar di kelas. Kemudian, peneliti juga melakukan wawancara pada partisipan yang telah ditentukan sebagai sampel dari wawancara. Sampel wawancara diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi penelitian yaitu 181 siswa, sehingga sampel untuk wawancara sebanyak 18 siswa. Dari data yang diperoleh pada saat setelah peneliti melakukan observasi, diketahui bahwa siswa menggunakan empat dari lima tipe basa-basi yaitu; greeting, honorific, question answer, dan remark. Dari data wawancara, siswa mengaku bahwa alasan menggunakan basa-basi selama berinteraksi didalam kelas adalah karena kebiasaan, ketertarikan, rasa hormat, mencairkan suasana, dan juga menguasai diri ketika akan berbicara didalam kelas.