Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penghargaan guru dalam berinteraksi di dalam kelas. Pelaksanaan penelitian ini untuk menemukan informasi mengenai jenis apa saja yang digunakan, dan bagaimana respon dari siswa ketika mendapatkan salah satu penghargaan dari guru. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari semua guru bahasa Inggris yang berjumlah 3 orang di SMP N 31 Padang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi checklist, catatan lapangan dan rekaman vidio. Ketika melakukan pengamatan dengan menggunakan checklist, peneliti melihat semua aktifitas guru dan mencatatnya sesuai dengan indikator dari jenis teachers’ rewardsehingga peneliti mendapatkan data bagaimana mereka menggunakan jenis teachers’ reward dalam berinteraksi dikelas.field note digunakan untuk melihat respon siswa.Sedangkan rekaman vidio digunakan untk melihat proses interaksi dan merupakan sebagai data tambahan untuk penelitian. Setelah menganalisa data yang didapat dari penggunaan instrumen tersebut, peneliti menemukan bahwa jenis teachers’ reward yang digunakan oleh semua guru bahasa Inggris adalah social, activity, token, dan special on-task. Sementara, dalam respon yang diberikan siswa juga berbeda – beda. Secara umum, semua guru bahasa Inggris telah mengaplikasikan teachers’ rewarddengan efektif dan memberikan dampak yang baik bagi siswa. Sedangkan respon siswa sangat antusias dan lebih aktif didalam berinteraksi dikelas.