An Analysis of Peer Editing Used By English Teacher in Writing Class at Senior High School 5 Padang
Main Author: | Septiana, Putrisia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9916/1/10040179%20SEPTIANA%20PUTRISIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9916/2/ABSTRAK%20-%202020-07-06T153341.921.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9916/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9916/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang Peer Editing yang digunakan dan diimplementasikan oleh guru didalam kelas writing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan informasi mengenai Peer Editing yaitu tentang kesiapan guru untuk menjadikan siswanya sebagi seorang editor ( Teacher Preparation ) dan juga kesiapan siswa untuk menjadi seorang editor ( Students’ Readiness ). Lebih lanjut, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data diperoleh dari guru bahasa Inggris dan siswa yang menggunakan dan mengaplikasikan Peer Editing. Jumlah guru yang diteliti berjumlah 1 orang, dan 29 siswa di kelas X MIA 1 SMAN 5 Padang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi checklist, wawancara dan dokumen. Ketika melakukan pengamatan dengan menggunakan observasi checklist, peneliti melihat semua aktifitas guru dan menceklis sesuai dengan indikator dari Teacher Preparation, setelah melihat aktivitas di dalam kelas peneliti menanyakan kembali kepada guru tentang kesiapan guru menjadikan siswa sebagai seorang editor. Terakhir peneliti memgambil dan mengumpul kan tugas writing siswa untuk melihat kesiapan siswa sebagai seorang editor Students Readines sehingga peneliti mendapatkan data bagaimana mereka menggunakan Peer Editing dan bagaimana pengimplementasiannya dalam kelas. Selain dengan observasi, peneliti juga menginterview guru untuk membantu dalam pengelolaan data. Sedangkan dokumen yang diberikan kepada siswa digunakan untuk melihat kesiapan siswa sebagai seorang editor apa siswa siap untuk menjadi seorang editor untuk memeriksa tugas writing teman nya. Setelah menganalisa data yang didapat dari penggunaan instrumen tersebut, ditemukan bahwa Peer editing yang digunakan oleh guru and murid sebagai partisipan dalam mengimplementasikan setiap peer editing tersebut, partisipan memiliki berbagai macam cara dan aktivitas ketika pembelajaran bahasa Inggris. Secara umum, semua partisipan telah mengaplikasikan setiap peer editing dengan bagus, efektif dan kooperatif.