Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Student Editordalam pengajaran bahasa Inggris khususnya writing, penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen dengan design One Group Pretest – Posttest. Pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan satu kelas eksperimen, karena peneliti hanya melihat bagaimana kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 93 siswa dari tiga kelas yaitu kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen dari penelitian ini adalah writing test berbentuk Narrative dan Spoof texts. Berdasarkan hasil analisis tes, diperoleh tcalculated 3,83 lebih besar dari ttable 2,042 dengan nilai signifikansi 0,05 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategy Student Editor memberi efek yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan menulis siswa kelas XI IPA MAN SALIDO, Pesisir Selatan.