Daftar Isi:
  • Kemampuan berbicara (Speaking) dalam bahasa Inggris merupakan pembiasaan dalam komunikasi lisan berbahasa Inggris. Namun sebagian besar siswa SMA memiliki kemampuan yang kurang dalam skill ini. Untuk itu guru perlu menemukan strategy yang sesuai untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran speaking. Dalam makalah ini penulis memperkenalkan penggabungan dua strategi yaitu strategi Skit dan React. Kedua strategi ini memungkinkan siswa untuk mampu berbicara secara langsung, dalam menyampaikan ide dan pendapat yang disertai alasan atas satu topik yang dibahas dalam pembelajaran speaking didalam kelas. Langkah-langkah pengajaran dengan menggunakan strategi Skit dan strategi React dimulai dengan membimbing siswa mengingat kembali topik-topik hangat yang sudah dibacanya di kelas membaca pada pertemuan sebelumnya, dengan cara mengumpulkan gambar yang berkaitan dengan teks dan mengemas gambar-gambar tersebut untuk membantu siswa membangun ide-ide untuk disampaikannya selama proses belajar speaking berlangsung. Kemudian siswa bekerja didalam kelompok berdiskusi tentang sebuah topik. Setiap kelompok akan mendiskusikan satu topik dibantu dengan bimbingan guru. Selanjutnya setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lainnya. Dalam diskusi ini, kelompok lain akan dimintai pendapat, saran atau pertanyaan berdasarkan topik yang dipersentasikan oleh kelompok penyaji. Dengan demikian diharapkan strategi ini dapat membantu meningkatkan kemampuan speaking. Key word: Speaking, Skit strategy and React Strategy.