Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan Reporting Back Strategy terhadap pencapaian nilai speaking siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peneliti tertarik untuk melihat pengaruh strategi ini terhadap nilai speaking siswa karena peneliti menemukan masih banyak siswa-siswi di SMP yang memiliki nilai rendah dalam speaking. Penelitian ini Static Group Comparison, dimana peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas IXA (kelas eksperimen) yang diberikan treatment dengan menggunakan strategy Reporting Back Strategy. Sementara kelas kedua (IXB) tidak diberikan treatment. Guru hanya mengajar siswa dengan menggunakan strategy yang biasa dipakai dikelas yaitu Group Work Strategy. Penelitian ini untuk melihat pencapaian nilai speaking siswa pada kelas yang diberikan treatment lalu hasilnya dibandingkan dengan nilai speaking siswa dikelas yang tidak mendapat treatment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa tingkat IX SMPN 24 Padang. Sampel yang digunakan adalah kelas IXA sebagai kelas experiment dan kelas IXB sebagai kelas pembanding. Sampel diambil dengan menguji normalitas dan homogenitas nilai speaking dari populasi dengan menggunakan Software Minitab dan Uji Liliefors. Instrument penelitian ini adalah tes lisan dalam bentuk Procedure Text. Dari penelitian yang telah dilakukan, dikelas eksperimen yang mendapat perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest siswa 74,4 dan dikelas pembanding sebesar 64,2. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dari penggunaan Reporting Back Strategy terhadap pencapaian nilai speaking siswa. Selain itu, dengan menggunakan rumus t-test dari Gay and Airasian (2000: 245) diperoleh nilai t-test (2,42) lebih besar dari t-table (2,00). Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi: “terdapat pengaruh positif dari penggunaan Reporting Back Strategy terhadap pencapaian nilai speaking siswa” dapat diterima.