Daftar Isi:
  • Menulis merupakan salah satu kemampuan yang paling penting dalam bahasa inggris, selain membaca, mendengar dan berbicara. Melalui menulis sesesorang dapat mengekpresikan ide, pikiran, perasaan, danpengalaman kepada orang lain. Siswa sekolah menengah atas di harapkan mampu mengungkapkan ide yang mereka punya dalam bentuk tulisan. Namun ada permasalahan siswa yang di hadapai oleh siswasaat menulis di antaranya adalah siswa sulit mengembangkan ide mereka ketika menulis. Kemudin mereka tidak bisa mengembangkan ide yang mereka pikirkan dalam bentuk tulisan. Serta mereka tidak tahu apa yang mereka tulis. Beberapa di antara mereka ketika menulis kalimat melakukan kesalahan seprti: kosakata, ejaan, grammar. Sehingga mereka tidak mampu menciptakan kalimat yang baik. Oleh sebab itu, makalah ini betujuan membantu siswa agar lebih mudah dalam membuat paragrap descriptive text dan menentukan bagian-bagian paragraph. Untuk meningkatkan motivasi dan keinginan siswa dalam menulis guru dapat menggunakan berbagai strategy yang menarik untuk siswa. Salah satu strategi yang bisa di gunakan oleh guru adalah dengan menggunakan strategi gabungan strategi COLOR CODING dan strategi EXIT SLIP. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya. Melalui langkah – langkah kedua strategi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan siswa di dalam menulis. Kelebihan penggabungan strategi ini adalah strategi COLOR CODING dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide yang mereka punya dan lebih mudah dalam menentukan bagian-bagian paragrafdengan menggunakan simbol warna. Di akhir pelajaran siswa dapat menggunakan strategi EXIT SLIP seperti, kartu untuk membuat ringkasan materi. Jadi, dengan penggabungan kedua strategi ini, siswa mampu mengatasi permasalahan di dalam menulis, terutama di dalam descriptive text.