The Correlation Between Reading Interest And Reading Achievement Of The Seven Grade Students At Junior High School 1 Lintau
Main Author: | Ricka, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9897/4/11040217%20RICKA%20FITRIA_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9897/1/ABSTRAK%20-%202020-07-04T090629.340.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9897/2/CHAPTER%20V%20%2873%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9897/3/REFERENCES%20-%202020-07-04T090746.249.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9897/ |
Daftar Isi:
- Membaca merupakan bagian dari kebutuhan siswa yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ini merupakan suatu activitas yang penting yang harus dipelajari oleh siswa. Sehingga, reading dimasukkan kedalam salah satu skil yang harus dipelajari disekolah. Disamping itu, salah satu hal yang mempengaruhi pencapaian membaca adalah minat membaca. Minat membaca bisa memberikan dampak terhadap siswa. Apabila siswa memiliki minat untuk membaca, maka itu juga berpengaruh terhadap pencapaian membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi positif antara minat membaca dan pencapaian membaca. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lintau tahun ajaran 2014/2015. Total siswa dari semua adalah 150 siswa. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan simple random sampling teknik dengan mengacak seluruh kelas VII untuk mendapatkan sampel penelitian. Dalam penelitian ini total sampelnya adalah 45 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket and teacher reading made test. Angket digunakan untuk melihat minat membaca dan teacher reading made test untuk mengukur pencapaian membaca siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan rumus product moment. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari t-hitung minat membaca adalah 27.8 dengan level signifikan 0.05. Hasil dari t-tabel adalah 2.021 dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti t-hitung lebih tinggi dari pada t-tabel (27.8 >2.021). karena t-hitung lebih tinggi dari pada t-tabel maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minat membaca mempengaruhi pencapaian membaca siswa.