Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh POW + WWW, What=2, How=2 strategi dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya menulis, penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan design One Group Pretest – Posttest. Pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan satu kelas eksperimen dan tidak membutuhkan kelas kontrol, karena peneliti hanya ingin melihat kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 174 orang siswa dari 6 kelas yaitu, VIII 1, VIII 2, VIII 3, VIII 4,VIII 5, VIII 6. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random sampling, dan kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VIII 4. Perlakuan yang diberikan terhadap kelas eksperimen sebanyak delapan kali pertemuan atau selama satu bulan. Setiap pertemuan, peneliti menerapkan POW + WWW, What=2, How=2 strategi dalam proses belajar. Selanjutnya instrument yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data yaitu Writing Test. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis pengujian hipotesis yang dilakukan dengan ujian menulis narrative text dan recount text diperoleh t-calculated 5,387 lebih besar dari t-table 2,045 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga disimpulkan bahwa POW + WWW, What=2, How=2 strategi memberi dampak yang baik terhadap kemampuan dan hasil belajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan menulis siswa.