Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Main Authors: Veronika, Zebua, Rahmi, Rahmi, Radhya, Yusri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat , 2020
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9885/1/4088
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9885/
http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-lemma/issue/archive
https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang banyaknya siswa yang mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan jenis masalah siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis serta menganalisis faktor penyebabnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 4 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yang terdiri dari catatan lapangan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data disusun dengan rubrik analitik skala 4 dan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan dilengkapi kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bagaimana menyelesaikan soal barisan dan deret siswa paling banyak melakukan kesalahan kesimpulan.