Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran berbicara (Speaking) pada sekolah menengah atas (SMA). Untuk proces belajar mengajar bahasa inggris, diperlukan adanya beberapa strategi yang tepat dan efektif, yang bisa membantu siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan mereka. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran speaking melalui penggabungan strategi Numbered Heads Together and Three Step Interview sebagai strategi-strategi dalam pengajaran berbicara, yang dapat membimbing siswa dalam pemahaman berbicara secara mendalam melalui diskusi dan menyampaikan ide tentang sebuah teks atau buku dan mempersiapkan siswa untuk latihan dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menjadi pembicara yang baik. Numbered Head Together strategi tidak hanya berkonstribusi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa tetapi juga membantu siswa menyelesaikan masalah dalam sebuah proses pembelajaran, membuat siswa lebih aktif, dan membuat siswa bisa memahami isi sebuah teks atau buku dalam proses pembelajaran. Three Step Interview adalah sebuah strategi berbicara yang meningkatkan daya berfikir siswa dalam proses belajar mengajar, bisa membuat siswa berkerja sama dan siswa bisa saling berbagi informasi. Penulis berharap makalah ini dapat berguna bagi para pembaca dan khususnya pada guru bahasa inggris sebagai strategi-strategi alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran berbicara.