The Correlation between Students’ Self-Esteem Toward Their Speaking Performance at First Year of English Department Students STKIP PGRI West Sumatera Academic Year 2014/2015
Main Author: | Olivia, Vebriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9881/1/10040196%20OLIVIA%20VEBRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9881/2/ABSTRAK%20-%202020-07-03T144626.570.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9881/3/CHAPTER%20V%20%2863%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9881/4/REFERENCES%20-%202020-07-03T145247.641.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9881/ |
Daftar Isi:
- Berbicara merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk berkomunikasi. Berbicara juga merupakan suatu keahlian yang penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh mahasiswa, terutama pada jurusan perkuliahan Bahasa Inggris. Disamping itu, salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa adalah Self-Esteem. Self-Esteem adalah kemampuan seseorang untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh dirinya sendiri. Seseorang yang memiliki Self-Esteem tinggi akan mampu berbicara dengan baik didepan kelas, sedangkan seseorang yag memiliki Self-Esteem rendah akan sulit berbicara dengan baik didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi positif antara Self-Esteem dan kemampuan berbicara siswa. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat tahun ajaran 2014/2015. Total siswa dari semua adalah 184 siswa. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan cluster random sampling technique. Dalam penelitian ini jumlah sampelnya adalah 33 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket and tes berbicara untuk melihat self-esteem siswa dan test berbicara untuk mengukur kemampuan berbicara siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan derajat korelasi. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari r-hitung adalah 0.42 dengan level signifikan 0.05. Hasil dari r-tabel adalah 0.355 dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti r-hitung lebih tinggi dari pada r-tabel (0.42 > 0.355) maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa self-esteem mempengaruhi kemampuan berbicara mahasiswa.