Teaching Speaking By Combining Academic Controversy and Talking Chips Strategy For Senior High School
Main Author: | Novacia, Sagita Erman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9875/1/10040371%20NOVACIA%20SAGITA%20ERMAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9875/2/ABSTRAK%20-%202020-07-03T110247.640.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9875/3/CHAPTER%20IV%20%2843%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9875/4/REFFERENCES%20%284%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9875/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini mendiskusikan penggabungan dua strategi dalam pengajaran bahasa Inggris yang dapat dipraktekan guru dalam kelas berbicara (Speaking). Strategi ini digunakan untuk mengajarkan speaking terutama kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam makalah ini, penulis membahas tentang langkah-langkah dan cara pelaksanaan kombinasi strategi Academic Controversy dan Talking Chips dalam pembelajaran Speaking. Academic Controversy dan Talking Chips merupakan strategi yang dikombinasikan dan digunakan guru untuk membimbing siswa mengidentifikasikan dan menganalisa poin penting dalam sebuah topic pembicaraan yang perlu didiskusikan. Dalam strategi ini, guru menyiapkan topic berita yang sedang banyak dibicarakan masyarakat. Guru juga harus mempersiapkan siswa dengan sumber-sumber bacaan yang dapat menambah pengetahuan siswa tentang topic sebelum kelas speaking dimulai. Berdasarkan topic tersebut siswa berdiskusi dalam kelompok. Siswa kemudian menampilkan hasil diskusi mereka dan siap untuk ditanyai, diberi sanggahan dan saran dari kelompok lainnya. Setiap siswa yang berani berbicara mengenai topic ditandai dengan alat berupa Chip. Semua siswa harus berupaya untuk menggunakan minimal satu kali kesempatan untuk berbicara didepan teman-teman sekelasnya atau menggunakan minimal satu chip, sebagai tanda bahwa mereka telah ikut serta dalam diskusi kelas. Key words: Speaking, Academic Controversy Strategy, Talking Chip Streategy