Teaching Writing Descriptive Text By Combining Four Square With Author’s Chair Strategies For Senior High School Students
Main Author: | Nia, Putri Mirandha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9868/1/09040216%20NIA%20PUTRI%20MIRANDHA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9868/2/ABSTRAK%20-%202020-07-03T103103.481.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9868/3/CHAPTER%20IV%20%2839%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9868/4/REFERENCES%20%2891%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9868/ |
Daftar Isi:
- Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengajarkan siswa SMA menulis descriptive text. Penulis memaparkan beberapa masalah yang di hadapi oleh guru maupun siswa dalam mengajar dan belajar menulis teks bahasa Inggris. Dalam proses mengajar, guru sering kali menggunakan strategi yang sama pada setiap pengajaran, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar itu sendiri. Disamping itu, masalah lain yang di hadapi oleh siswa adalah siswa kesulitan dalam mengembangkan, menyampaikan ide dan pendapat dalam menulis teks berbahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, penulis memberikan solusi yang tepat yaitu dengan menggabungkan dua strategi dalam satu kali pengajaran menulis teks berbahasa Inggris. Adapun strategi-strategi yang di gabungkan adalah Four Square dan Author’s Chair. Strategi-strategi ini mampu membuat proses belajar maupun mengajar lebih efektif karena dua strategi tersebut menghasilkan model pembelajaran yang sangat bermanfaat, menarikdan berguna bagi guru maupun bagi siswa. Adapun langkah-langkah dari pengaplikasian gabungan dari Four Square dan Author’s Chair strategi antara lain, guru membantu siswa dalam pembuatan descriptive text melalui penggunaan Square yang membantu siswa menulis dengan baik dan sesuai dengan tuntutan sebuah paragraph yang benar. Melalui 4 kotak yang disediakan oleh guru,siswa lebih terarah dan terstruktur dalam menulis sebuah teks deskriptif. Kemudian, guru meminta siswa untuk berkelompok dan dari beberapa kelompok mewakili untuk tampil didepan kelas dengan kursi yang telah disediakan didepan kelas, kemudian siswa lain memberi komentar tentang apa yang sudah ditampilkan oleh temannya. Dengan membuat catatan kecil. Dan memberi saran untuk perbaikan.