Daftar Isi:
  • Pengajaran remedi dilakukan untuk memperbaiki dan mengurangi kesulitan dan kelemahan siswa pada materi tertentu. Dalam penelitian ini ditujukan untuk menemukan teknik yang digunakan guru dalam pengajaran remedi berdasarkan dengan standar pelaksanaan remedial dari departemen pendidikan nasional tahun 2008.Peneliti juga ingin menemukan bagaimana guru mengimplementasikan teknik pengajaran remedi dan alasan guru dalam memilih teknik pengajaran remedi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMK Negeri 6 Padang. Adapun jumlah guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut adalah 5 orang. Dalam menentukan responden, peneliti menggunakan purposive sampling teknik. Jadi, peneliti menetapkan 4 guru sebagai responden dikarenakan pengajaran remedial yang dilakukan oleh guru selama penelitian. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan interview. Kedua instrumen tersebut digunakan untuk menemukan teknik yang digunakan guru dalam pengajaran remedial, bagaimana guru mengimplementasikan teknik didalam kelas dan alasan guru dalam memilih teknik dalam pengajaran remedial di SMK Negeri 6 Padang. Hal pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan observasi dengan menggunakan field note dan observation checklist sebagai alat selama observasi. Setelah itu, peneliti melakukan wawancara kepada setiap guru. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan tematik analisis dari penjelasan Boyatzis. Dari data penelitian, peneliti menemukan bahwa setiap guru menggunakan teknik yang berbeda-beda dalam pengajaran remedial. Dan penerapan dalam teknik disesuaikan dengan teknik yang digunakan serta guru memiliki alasan yang berbeda untuk memilih teknik dalam pengajaran remedial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap guru menggunakan teknik dalam pengajaran remedial, menerapkan tindakan and aktifitas sesuai teknik serta memiliki alasan dalam pemilihan teknik pengajaran remedial.