Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Group Investigation Method yang digunakan guru bahasa Inggris dalam pengajaran speaking. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMPN 21 Sijunjung. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi langsung ke dalam kelas, dan menggunakan observation checklist and field note untuk memperoleh semua data yang dibutuhkan. Kemudian, peneliti mendapatkan beberapa data dari pengamatan yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan Group Investigation Method guru-guru bahasa Inggris di SMPN 21 Sijunjung tidak menerapkan semua prosedur yang semestinya dilakukan saat mengajar di dalam kelas. Dari ke delapan prosedur yang terdapat dalam Group Investigation Method semua guru yang mengajar di SMPN 21 tidak menerapkan prosedur yang seharusnya setiap kelompok menerima umpan balik dari kelompok lainnya. Selanjutnya, dua dari tiga guru bahasa Inggris juga tidak menerapkan prosedur yang mengatakan setiap siswa dari masing-masing kelompok harus menyampaikan pendapatnya tentang topik dan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka. Disamping itu, satu dari tiga guru yang mengajar tidak menerapkan prosedur dari Group Investigation Method secara sistematis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru bahasa Inggris di SMP N 21 Sijunjung tidak menerapkan semua prosedur Group Investigation Method dalam mengajar speaking.