Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa dalam pengajaran menulis (writing)pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Masalah yang dihadapi siswa SMA diantaranya adalah siswa sulit membuat teks dengan baik karena mereka sulit menemukan ide ketika menulis. Kemudian, ide yang mereka tulis tidak tersusun dengan baik. Mereka jarang melakukan pengeditan dan revisi tulisan mereka sendiri sehingga mereka tidak bisa menghasilkan tulisan yang baik. Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya descriptive text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa menulis yaitu strategi Choosing Situations dengan strategi POWER. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya. Di mulai dengan siswa memilih topik yang menarik dan sesuai yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Sebelum menyusun kalimat, siswa menggali informasi yang berkaitan dengan topik. Setelah itu siswa menyusun informasi tersebut menjadi teksdilengkapi dengan kata penghubung yang sesuai. Akhirnya teks dilakukan pengeditan dan revisi seperti penggunaan huruf kapital, kerapian, tanda baca, dan ejaan. Adapun kelebihan penggabungan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan menulis berdasarkan langkah-langkah yang jelas dan menarik dalam menulis sebuah teks dengan benar.