Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan mahasiswa tahun pertama prodi pendidikan bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Partisipannya adalah mahasiswa bahasa Inggris tahun pertama STKIP PGRI Sumatera Barat tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan angket dan wawancara. Peneliti membagikan angket pada 72 mahasiswa dan mewawancarai 16 mahasiswa. Dari analisa data didapatkan bahwa banyak mahasiswa bahasa Inggris tahun pertama STKIP PGRI Sumatera Barat tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan cognitive dan memory strategy. Sementara itu beberapa dari mereka yang menggunakan compensation strategy. Cognitive Strategy seperti membuat catatan saat mendengarkan, mendengar musik dan menonton film barat. Sedangkan Memory Strategy seperti mengingat kata baru dan menghubungkan dengan kosa kata yang dimiliki siswa serta kata baru yang di dapatkan lalu membayangkan gambaran situasinya dimana kata tersebut bisa digunakan. Sementara itu, Compensation Strategy dimana siswa menerka makna kata baru dengan menggunakan beberapa petunjuk yang berhungan dengan bahasa Inggris seperti forms of address which imply social relationship.