A comparative Study Between Direct and Indirect of Teacher’s Written Corrective Feedback on Student’s Writing Progress at Eight Grade in SMP N 9 Pariaman
Main Author: | Maya, Anjelina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9851/2/10040199%20MAYA%20ANJELINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9851/1/ABSTRAK%20-%202020-07-02T135701.903.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9851/3/CHAPTER%20V%20%2844%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9851/4/REFERENCES%20%2875%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9851/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan menulis siswa dengan membandingkan penerapan koreksi tertulis guru yang secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode causal comparative yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan treatment oleh peneliti dengan menerapkan Direct Written Corrective Feedback dan untuk kelas kontrol, guru bahasa Inggris kelas delapan menerapkan Indirect Written Corrective Feedback. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Pariaman tahun ajaran 2014/2015 khususnya kelas VIII.1 yang sudah ditentukan nilai normalitasnya. Sample dari kelas ini berjumlah 30 orang yang mana dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 orang pada kelompok eksperimen dan 15 orang lagi pada kelompok kontrol. Instrument pada penelitian ini adalah kumpulan dari latihan menulis siswa yang didokumentasikan. Instrument ini didapatkan dari hasil menulis siswa yang dilakukan selama 3 kali treatment dengan materi yang berbeda (announcement, inivitation,dan short message) tetapi memiliki genre teks yang sama yaitu Functional Text. Setelah dilakukan 3 kali treatment, maka terlihat hasilnya bahwa dalam menerapkan Written Corrective Feedback baik Direct maupun Indirect didapatkan hasil bahwa kedua dari strategi tersebut sama-sama memberikan efek positif terhadap perkembangan menulis siswa. Dengan kata lain bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua strategi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil akhir dari Fhitung (1.54) yang mana lebih rendah dari Ftabel (2.46).