Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achvievement Division (STAD) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Wina, Putri Chania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/985/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/985/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/985/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/985/4/10010118%20WINA%20PUTRI%20CHANIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/985/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2Bayang.disebabakan oleh, siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan guru, serta siswa lebih banyak menunggu penjelasan dan informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2Bayang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achvievement Division (STAD) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling sehingga diperolehsampel yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan X8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kongnitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif, ranah afektif yang dinilai adalah menghargai pendapat teman, bertanggung jawab, Untuk ranah psikomotor yang dinilai adalah kelengkapan laporan diskusi/resume, kerapian dan kebersihan penulisan laporan. Teknik analisis data menggunakan uji- t dengan taraf nyata 0,05. Hasil analisis data diperoleh pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 70,99 dan kelas kontrol 62,40. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 2,57 sedangkan ttabel = 1,67 hal ini menunjukan thitung > ttabel ini berarti hipotesis diterima. Pada ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 41,66 dan kelas kontrol 64,44 hal ini menunjukan nilai rata-rata kelas kontrol lebih tinggi pada kelas eksperimen. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata pada kelas eksperimen 60,10 dan pada kelas kontrol 63,19. Pada nilai rata-rata ranah psikomotor kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapakn model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hsil belajar biologi siswa pada ranah kognitif. Sedangkan pada ranah afektif dan ranah psikomotor tidak terjadi pen ingkatan hasil belajar siswa pada kelas X SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.