Teaching Writing Argumentation Text by Combining Post It Collection with Graffiti Strategies At Senior High School
Main Author: | Margitias, Puji Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9848/1/10040385%20MARGITIAS%20PUJI%20RAHAYU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9848/2/ABSTRAK%20-%202020-07-02T134429.256.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9848/3/CHAPTER%20IV%20%2832%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9848/4/REFERENCES%20%2871%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9848/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini bertujuan untuk membahas tentang pengajaran menulis argumentation text dalam bahasa Inggris dengan menerapkan dua strategi, yaitu Post It Collection strategy dengan Grafiti strategy pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui kedua strategi ini, siswa diharapkan tertarik dan termotivasi untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Rendahnya motivasi siswa sangat berpengaruh pada kemampuan siswa dalam menulis sebuah argumentation text. Dalam aplikasinya, Post It Collection strategy dengan Grafiti strategy diawali dengan pertanyaan-pertanyaan oleh guru tentang ide-ide siswa mengenai sebuah topik yang diberikan berupa gambar. Selanjutnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap siswa dalam kelompok tersebut wajib memberikan ide/ pendapat, sehingga hal ini dapat memotivasi siswa dan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam belajar menulis. Kemudian, ide-ide tersebut dikembangkan oleh siswa menjadi sebuah kalimat yang baik. Lalu, kalimat-kalimat tersebut dirubah menjadi sebuah argumentation text yang baik. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, guru dan murid dapat menggunakan media yang ada, seperti kertas koran, spidol, papan tulis, dan potongan kertas. Dengan demikian, kedua strategi ini dapat lebih mudah untuk dipelajari dan diterapkan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah argumentation text.