Teaching Writing Descriptive Text By Combining Y Chart And Author’s Chair Strategies For Senior High School Students
Main Author: | Lusi, Mayasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9845/1/09040055%20LUSI%20MAYASARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9845/2/ABSTRAK%20-%202020-07-01T150248.329.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9845/3/CHAPTER%20IV%20%2831%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9845/4/REFERENCES%20%2869%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9845/ |
Daftar Isi:
- Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu guru dalam mengajarkan siswa SMP menulis descriptive text. Penulis akan memaparkan beberapa masalah yang di hadapi oleh guru maupun siswa dalam mengajar dan belajar menulis teks bahasa Inggris. Dalam proses mengajar, guru seringkali menggunakan strategi yang sama pada setiap pengajaran, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar itu sendiri. Disamping itu, masalah lain yang di hadapi oleh siswa adalah siswa kesulitan dalam mengembangkan, menyampaikan ide dan pendapat dalam menulis teks berbahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, penulis memberikan solusi yang tepat yaitu dengan menggabungkan dua strategi dalam satu kali pengajaran menulis teks berbahasa Inggris. Adapun strategi-strategi yang di gabungkan adalah Y-Chart dan Author’s Chair. Strategi-strategi ini mampu membuat proses belajar maupun mengajar lebih efektif karena dua strategi tersebut menghasilkan model pembelajaran yang sangat bermanfaat, menarik dan berguna bagi guru maupun bagi siswa. Adapun langkah-langkah dari pengaplikasian gabungan dari Y-Chart dan Author’s Chair strategi antara lain, guru membantu siswa dalam pembuatan descriptive text melalui penggunaan graphic organizer “look like, feel like and sound like”pertanyaan-pertanyaan yang kemudian guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut untuk di jadikan sebuah teks yang lengkap. Kemudian, guru meminta siswa untuk membuat sebuah descriptive teks berdasarkan kelompok yang telah di tentukan. Terakhir, perwakilan dari anggota kelompok menampilkan hasil kerja mereka, dan anggota kelompok lain menanggapi hasil diskusi. Kelebihan penggabungan strategy ini siswa akan lebih mudah menulis descriptive text berdasarkan langkah-langkah yang jelas dan dibantu dengan graphic organizer dalam menulis descriptive text yang benar.