Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan siswa dalam pengajaran menulis (writing) pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Masalah yang dihadapi siswa SMA diantaranya adalah siswa kesulitan dalam menulis. Ini disebabkan karena siswa tidak dapat mengekspresikan ide, mengembangkan ide menjadi sebuah tulisan yang bermakna, dan dapat dimengerti oleh pembaca. Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya descriptive text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa menulis yaitu strategi Question Into Paragraph (QuIP) dengan strategi Quick Write. Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya seperti: siswa memilih topik yang menarik dan sesuai yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Sebelum menyusun kalimat, siswa menggali informasi yang berkaitan dengan topik dan menyusunnya dalam tabel. Setelah itu, siswa menyusun informasi tersebut menjadi teks. Kemudian, hasil tulisan mereka itu mendapat kritikan dari teman sekelas dan penilaian dari guru. Adapun kelebihan penggabungan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan menulis secara individual berdasarkan langkah-langkah yang jelas dan dibantu dengan tabel dalam menulis sebuah teks yang benar. Dengan demikian, mengkobinasikan Question Into Paragraph strategy dan Quick Write strategy diharapkan bisa membantu siswa Sekolah Menengah Atas dalam mempelajari maupun memahami konsep menulis dan bisa menulis dengan baik.