Teaching Writing By Combining 4-2-1 Free Write Strategy And Quick Write Strategy For Junior High School
Main Author: | Lila, Faizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9842/2/08040133%20LILA%20FAIZAH_repaired.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9842/1/ABSTRAK%20-%202020-07-01T145032.779.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9842/3/CHAPTER%20IV%20%2828%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9842/4/REFERENCES%20%2868%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9842/ |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan salah satu dari empat keahlian yang penting, yang harus dikuasai oleh siswa. Menulis tidak semudah yang difikirkan banyak kalangan, karena menulis bukan hanya meminta siswa untuk menyusun huruf dan menulisnya diatas kertas, tapi harus mengarahkan dan membimbing untuk bisa menulis sesuatu yang bermakna dan dapat dipahami oleh pembaca. Namun kenyataanya masih banyak siswa yang menjalani kesulitan dalam menulis. Ini disebabkan karena siswa tidak dapat mengekspresikan ide dan mengembangkan ide. Selain itu, disebabkan juga oleh cara mengajar yang tidak menarik minat siswa untuk belajar. Juga ketidaktepatan strategy yang digunakan oleh guru. Dalam penulisan makalah ini, bertujuan untuk membantu guru dalam menggunakan strategy yang tepat untuk mengajar menulis. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua buah strategy untuk membantu siswa dalam menulis, yaitu 4-2-1 Free Write Strategy dan Quick Write Strategy. 4-2-1 Free Write Sytrategy yaitu sebuah cara dimana siswa membaca sebuah teks tertulis, dan mengidentifikasi empat ide yang mereka dapat dari text. Setelah itu membandingkan ide mereka dengan pasangannya untuk menseleksi dua ide yang penting, kemudian bertemu dengan pasangan lain untuk mendiskusikan dan memutuskan satu ide yang penting. Terakhir siswa diinstruksikan untuk menulis secara bebas tanpa berhenti, dengan waktu yang telah ditentukan. Quick Write Sytrategy yaitu siswa diarahkan untuk mendapatkan ide dan merangkainya menjadi kerangka tulisan yang baik dan untuk selanjutnya dijadikan bentuk paragraph yang bermakna. Dengan demikian, mengkombinasikan 4-2-1 Free Write Strategy dan Quick Write Strategy diharapkan bisa membantu siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mempelajari maupun memahami konsep menulis dan bisa menulis dengan baik.