The Effect Of Using Community Circle Strategy Toward Students’ Speaking Achievement ( A Study At Eleventh Grade Students Of Man Salido )
Main Author: | Lathifah, Hanum. N. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9838/1/10040038%20LATHIFAH%20HANUM.N.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9838/2/ABSTRAK%20-%202020-07-01T143746.462.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9838/3/CHAPTER%20V%20%2839%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9838/4/REFERENCES%20%2863%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9838/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Community Circle dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya berbicara, penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen dengan design One Group Pre-test Pos-test. Pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan satu kelas eksperimen dan tidak membutuhkan kelas control, karena peneliti hanya melihat bagaimana kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 180 siswa dari enam kelas yaitu kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, XI IPS1, XI IPS2, dan XI IPS3. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling, dan kelas yang terpilih adalah XI IPA2. Perlakuan yang diberikan terhadap kelas eksperimen sebanyak enam pertemuan selama empat minggu. Setiap pertemuan, peneliti menggunakan strategi Community Circle dalam proses pengajaran di kelas. Selanjutnya, peneliti menggunakan instrumen untuk membantu pengumpulan data, yaitu Speaking test. Berdasarkan hasil analisis data dari Speaking test yang telah dikumpulkan setiap pertemuan, maka dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara yang terjadi pada siswa walaupun tidak keseluruhan siswa yang bisa terlihat peningkatannya. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-table, setelah dilakukan pengujian dengan ujian percakapan Expression of Love, Expression of Sad, and Advertisement diperoleh t-calculated 3,365 lebih besar dari t-table 2,042 maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategy Community Circle memberi efek yang baik terhadap hasil belajar bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan berbicara siswa kelas XI MAN SALIDO.