The Correlation Between Students` Time Management And Their English Learning Achievement At Second Year Of Senior High School 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya In The Academic Year 2014/2015
Main Author: | Kurnia, Efliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9835/4/10040383%20KURNIA%20EFLIANI_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9835/1/ABSTRAK%20-%202020-07-01T115105.033.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9835/2/CHAPTER%20V%20%2836%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9835/3/REFERENCES%20%2860%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9835/ |
Daftar Isi:
- Manajemen waktu adalah kemampuan mengontrol waktu sebelum melakukan aktifitas. Ini merupakan bagaimana siswa menggunakan waktu mereka untuk pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka. Peneliti menemukan beberapa permasalahan manajemen waktu siswa di SMAN 1 Pulau Punjung, yaitu beberapa siswa terlambat mengumpulkan pekerjaan rumah (PR), pulang sekolah langsung bermain, lupa membawa alat tulis dan membawa buku pembelajaran bahasa Inggris. Permasalahan manajemen waktu ini mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris, yaitu beberapa siswa memahami materi pembelajaran dan membaca materi bahasa Inggris untuk kuis atau ujian hanya di dalam kelas. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi antara manajemen waktu siswa dan pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka di SMAN 1 Pulau Punjung. Dengan demikian, peneliti menggunakan penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Pulau Punjung. Ada 2 jurusan di kelas XI SMAN 1 Pulau Punjung ini, yaitu kelas MIPA dan IPS. Total siswa dari semua adalah 241 siswa yang dibagi dalam 8 kelas pada tahun ajaran 2014/2015. Akan tetapi, pada peneliti ini menggunakan semua kelas untuk memilih sample kelas penelitian. Dalam menentukan sample, peneliti menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih 6 siswa secara acak setiap kelas sebagai kelas uji coba dan sebagai kelas penelitian. Dalam penelitian ini samplenya adalah 48 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan wawancara untuk melihat manajemen waktu siswa dan skor nilai untuk melihat pencapaian pembelajaran bahasa Inggris siswa di kelas XI SMAN 1 Pulau Punjug. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan rumus Riduwan, yaitu korelasi Pearson Product Moment. Setelah menganalisa data, peneliti menemukan nilai r- hitung adalah 0.819. Hasil dari r- tabel adalah 0.291 dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2). Ini berarti r- hitung lebih tinggi dari pada r- table (0.819 > 0.291), maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu siswa mempengaruhi nilai pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka. Siswa yang memiliki manajemen waktu yang tidak bagus juga mendapatkan nilai bahasa Inggris yang rendah.