Encouraging Student’s Critical Thingking in Speaking Ability Through Combining Plus-Minus-Interesting (PMI) and Problem Solving Strategies at Senior High School
Main Author: | Juliani, Juliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9833/1/10040203%20JULIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9833/2/ABSTRAK%20-%202020-07-01T114724.076.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9833/3/CHAPTER%20IV%20%2825%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9833/4/REFERENCES%20%2858%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9833/ |
Daftar Isi:
- Berbicara sebagai kemampuan dasar dari bahasa inggris harus dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini akan memberikan manfaat untuk siswa dalam kehidupannya. Berpikir kritis adalah salah satu elemen yang penting untuk membangun pemikiran siswa. Karena berpikir kritis adalah proses berpikir dengan aktif dan dengan keahliannya sebagai pedoman utuk bertindak dengan percaya diri. Melalui berpikir kritis siswa bisa mengumpulkan informasi berdasarkan komitmen intelektual dari penggunaan kemampuan ini sebagai pedoman bertingkah laku. Maka dalam penulisan makalah ini penulis mempunyai tujuan untuk mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran berbicara (speaking) di sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakn pengajaran speaking agar siswa termotivasi dan bisa belajar lebih aktif sehingga siswa mampu dan lancar berbicara bahasa inggris dikelas. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan speaking dengan menggunakan dua strategy yaitu PMI dan Problem Solving. PMI (Plus-Minus-Interesting) adalah strategi yang digunakan oleh guru dalam membangun pemikiran kritis siswa. PMI juga strategi yang membuat Plus, Minus, Interesting adalah strategi yang membantu upaya siswa untuk menjadi orang yang berpikir kritis. Sedangkan, Problem Solving adalah strategi yang meningkatkan pemikiran kritis siswa dengan menghasilkan beberapa solusi dari masalah. Problem Solving juga strategi dimana kegiatan siswa lebih banyak berpikir dalam menjelaskan dan menganalisa masalah, kemudian mereka menghasilkan solusi. Perpaduan dua strategy ini sangat membantu siswa dalam pelajaran berbicara untuk mengembangkan ide-ide mereka dan meningkatkan kelancaran dalam berbicara sehingga menghasilkan sebuah solusi yang bagus. Penulis juga mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar berbicara (speaking). Kata Kunci: Plus-Minus-Interesting, Problem Solving, Speaking, and Strategy.