Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi belajar Community Circle dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya speaking skill. Penelitian ini menggunakan metode experimen, dua klsasifikasi group. Grup satu sebagai kelas penelitian atau kelas experimen diberi perlakuan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan Community Circle Strategy dan kelas kontrol menggunakan Pair Work Strategy. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Padang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 128 orang siswa yang terbagi dalam 4 kelas yaitu XI IPS 1,XI IPS 2,XI IPS 3, XI IPS 4. Setelah mendapatkan nilai rata-rata murni dari hasil ujian speaking semester lalu, peneliti mendapatkan semua kelas normal dan homogen, kemudian diplilh dengan flipped coin, maka didapat kelas XI IPS 1 sebagai kelas experimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelas experimen dan kelas kontrol adalah sebanyak delapan kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan jenis teks. Instrument yang digunakan adalah speaking test. Peneliti melakukan Try out kekelas lain sebelum melakukan post-test. Selanjutnya post- test diberikan kepada kelas experimen dan kontrol. Post-test digunakan untuk melihat perbedaan nilai yang didapat dari kedua kelas yaitu pad kelas experiment dan kontrol. Hasil analisis pada penelitian ini didapat rata-rata hasil test pada kelas experimen 77.42 dan standar deviasi 7.02. Dan rata-rata kelas kontrol 70.22 dan standar deviasi 6.96. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t-table, setelah dilakukan pengujian diperoleh kelas experimen t-calculated (7,04) lebih besar dari t-table 1.669, dan kelas kontrol t-calculated (2,34) lebih besar dari t-table 1.669 maka hipotesis pada penelitian ini diterima.