Daftar Isi:
  • Kerja kelompok adalah salah satu strategi yang digunakan dalam mengajar bahasa inggris yang mana strategi tersebut dilakukan kerja sama antar siswa dalam berkelompok. Di SMAN 4 solok selatan peneliti menemukan beberapa phenomena. Dalam kerja kelompok guru membagi kelompok berdasarkan hitungan yang siswa hitung. Siswa diminta berhitung dari satu sampai tujuh, angka yang disebutkan oleh siswa merupakan kelompok siswa tersebut. Didalam kerja kelompok hanya beberapa siswa yang ikut berpartisipasi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana cara guru menerapkan strategi Kerja Kelompok dalam mengajar bahasa inggris di SMAN 4 Solok Selatan. Disamping itu, penelitan ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Kerja Kelompok tersebut di SMAN 4 Solok Selatan. Partisipan dari penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar bahasa inggris di SMAN 4 Solok Selatan. Adapun jumlah guru yang mengajar Bahasa Inggris di SMAN 4 Solok Selatan adalah 4 orang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan interview. Dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi ke kelas yang di ajarkan oleh partisipan dan mewawancarai seluruh guru yang menjadi partisipan dalam penelitian ini untuk memperkuat data yang didapat dari hasil observasi. Setelah menganalisa data observasi dan interview, peneliti menemukan bahwa guru SMAN 4 Solok Selatan telah menerapkan ke empat indicator dalam penggunaan kerja kelompok dan hanya beberapa aktivitas yang tidak diterapkan oleh guru. Jadi guru di SMAN 4 solok selatan sudah paham dengan penerapan Kerja Kelompok di SMAN 4 Solok Selatan.