Teaching Writing Of Recount Text By Combining Looping And Transition-Action-Details (Tad ) Strategy At Senior High School
Main Author: | Elfira, Widiastuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9812/1/10040295%20ELFIRA%20WIDIASTUTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9812/2/ABSTRAK%20-%202020-07-01T090848.330.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9812/3/CHAPTER%20IV%20%2815%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9812/4/REFERENCES%20%2836%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9812/ |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan skill yang harus dikuasai siswa, disamping membaca, mendengar dan berbicara. Namun banyak siswa yang beranggapan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan yang sulit dan memerlukan banyak waktu. Dalam makalah ini, penulis akan membahas tentang pengajaran writing untuk siswa SMA dengan menggabungkan dua strategi Looping dan Transition-Action-Details (TAD) strategi. Tujuan dari makalah ini adalah memberikan informasi tentang langkah-langkah pengajaran writing dengan menggunakan Looping dan Transition-Action-Details (TAD) strategi yang bertujuan untuk menulis recount text untuk siswa SMA. Looping strategi adalah menulis bebas dimana siswa yang tadinya tidak focus menjadi focus dalam menulis, karena siswa dibimbing untuk mengembangkan idenya kedalam sebuah tulisan. Siswa diminta menulis bebas dalam 5 menit dan setelah 5 menit berhenti menulis, siswa diminta meninjau kembali apa yang telah mereka tulis dan guru meminta siswa memilih point kalimat atau kata yang ingin mereka kembangkan dan melingkari kata atau kalimat tersebut, lalu siswa mengembangkan kata atau kalimat yang telah mereka lingkari tersebut. Sedangkan Transition-Action-Details (TAD) adalah guru meminta siswa untuk menulis sebuah cerita tentang pengalaman mereka selanjutnya guru meminta siswa untuk menuliskan kesimpulan cerita tersebut kedalam sebuah kolom yang telah disediakan oleh guru. Kolom tersebut terdiri dari transition, action dan details. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa lebih aktif dalam mengembangkan idenya kesebuah tulisan. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar menulis.